Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Jenis-Jenis Proposal

Pengertian dan Jenis-Jenis Proposal

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2015) Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam rencana kerja. Oleh karena itu Proposal dibuat sebelum pelaksanaan kegiatan. Jadi Proposal merupakan rancangan kegiatan dan persiapan segala yang berhubungan dengan alur kegiatan tersebut.

Jenis-Jenis Proposal Berdasarkan Bentuk Proposal

1). Proposal Formal
Proposal Berbentuk Formal Terdiri Atas Tiga Bagian Utama, Yaitu Bagian Pendahuluan, Isi Proposal, Dan Bagian Pelengkap Penutup. Bagian Pendahuluan Terdiri Atas: Sampul Dan Halaman Judul, Surat Pengantar (Kata Pengantar), Ikhtisar, Daftar Isi, Dan Pengesahan Permohonan. Bagian Isi Proposal Terdiri Atas: Latar Belakang, Pembatasan Masalah, Tujuan Ruang Lingkup, Pemikiran Dasar (Anggapan Dasar), Metodologi, Fasilitas, Personalia (Susunan Panitia), Keuntungan Dan Kerugian, Waktu, Dan Biaya. Sedangkan Bagian Pelengkap Penutup Berisi Daftar Pustaka, Lampiran, Tabel, Dan Sebagainya.

2). Proposal Non Formal
Proposal Non Formal Merupakan Variasi Atau Bentuk Lain Dari Bentuk Proposal Formal Karena Tidak Memenuhi Syarat-Syarat Tertentu Atau Tidak Selengkap Seperti Bentuk Formal. Proposal Non Formal Biasanya Disampaikan Dalam Bentuk Memorandum Atau Surat Sehingga Sebuah Proposal Non Formal Harus Selalu Mengandung Hal-Hal Berikut Yaitu, Masalah, Saran, Pemecahan, Dan Permohonan.

3). Proposal Semi Formal
Proposal Semi Formal Hampir Sama Dengan Proposal Non Formal Yaitu Variasi Atau Bentuk Lain Dari Bentuk Proposal Formal Karena Tidak Memenuhi Syarat-Syarat Tertentu Atau Tidak Selengkap Seperti Bentuk Formal

Jenis Proposal Secara Umum
Terdapat Beberapa Jenis Proposal, Berikut Dibawah Ini Penjelasannya

1). Proposal Bisnis
Proposal Bisnis Atau Proposal Usaha Merupakan Jenis Proposal Yang Berkaitan Dengan Dunia Usaha Atau Rancangan Rencana Kerja Yang Disampaikan Baik Itu Oleh Perseorangan Maupun Kelompok Kepada Investor.

2). Proposal Kegiatan
Proposal Kegiatan Merupakan Pengajuan Rencana Suatu Kegiatan Baik Itu Bersifat Individu Maupun Kelompok. Contoh Proposal Kegiatan, Diantaranya Proposal Kegiatan Pentas Seni Budaya, Proposal Kegiatan Perpisahan Sekolah Dan Proposal Kegiatan Perkemahan Dll.

3). Proposal Penelitian
Proposal Penelitian Merupakan Suatu Acuan, Ide, Usulan, Ide Atau Gagasan Yang Ditujukan Pada Badan, Instansi Atau Yang Lainnya Untuk Mengadakan Sebuah Penelitian Terhadap Sebuah Masalah. Proposal Berisi Tentang Gambaran Singkat Penelitian, Latar Belakang Dan Maksud Serta Tujuan, Alasan Mengapa Isi Atau Topik Terut Diangkat, Waktu Yang Dibutuhkan, Lokasi Penelitian Dll.

4). Proposal Wirausaha
Dalam Proposal Wirausaha Perlu Dipahami Pada Siapa Proposal Anak Ditujukan, Apakah Pada Owner (Pihak Intern Yang Mempunyai Jabatan Lebih Tinggi), Mitra (Partner Yang Akan Diajak Kerjasama), Lembaga Perizinan Dan Atau Pada Pihak Sponsor.

Post a Comment for "Pengertian dan Jenis-Jenis Proposal"